Contoh Soal Gelombang

09.34

Assalamu'alaikum... :D disini aku memborong(?) soal soal gelombang yang bersumber dari teman teman google/? Nah! buat temen-temenku yang belum nggarap balasss... Nih, aku bantu. Kurang baik apa coba, aku jadi temenmuu :p
Untuk jawabannya bisa dilihat disini
Ohya! Ini ada beberapa soal yang sama kaya' punyaku. Jadi harap maklum/? ._.v

Soal 1 :
Sebutkan dan Jelaskan sifat - sifat Gelombang (Lengkap)!

Soal 2 :
Dalam dua menit terjadi 960 getaran pada suatu partikel. Tentukan:
a) periode getaran
b) frekuensi getaran

Soal 3 :
Periode suatu getaran adalah 1/2 detik. Tentukan:
a) frekuensi getaran
b) jumlah getaran dalam 5 menit

Soal 4 :
Frekuensi suatu getaran adalah 5 Hz. Tentukan:
a) periode getaran
b) banyak getaran yang terjadi dalam 2 menit

Soal 5 :
Sebuah tali membentuk gelombang dengan amplitude 20cm dan frekuensi 20 Hz. Di asumsikan bahwa tali elastic sempurna dan bagian-bagian tali yang bergetar memiliki massa 2 gram. Tentukan energy kinetic dan energy potensial setelah gelombang merambat selama 2 sekon.

Soal 6 :
Sebuah tali panjangnya 200cm di rentangkan horizontal. Salah satu ujungnya di getarkan dengan frekuensi 2Hz dan amplitude 10 cm, serta ujung lainnya bergerak bebas. Apabila pada tali tersebut terbentuk 8 gelombang berdiri. Tentukanlah:
a. panjang gelombang dan cepat rambat gelombang
b. persamaan glombang berdiri
c. letak titik simpul ke 2 dan perut ke 3 dari ujungnya bebasmnya
d. amplitude pada jarak 150 cm dari sumber getar.

Soal 7 :
Suatu gas ideal memiliki tekanan 7,4 x 10 N/m²dan rapat massanya 1,5 kg/m³. jika di ketahui tetapan Laplace untuk gas tersebut adalah 1,4. Tentukan kecepatan perambatan gelombang bunyi dalam gas tersebut!

Soal 8 :
Gelombang pada permukaan air merambat dengan kecepatan 4 m/s. Jika jarak antara 3 bukit gelombang yang berturutan adalah 32 m, tentukan :
a. Panjang gelombangnya
b. frekuensi gelombang tersebut

Soal 9 :
Gelombang pada permukaan air merambat dengan kecepatan 4 m/s. Jika jarak antara 3 bukit gelombang yang berturutan adalah 32 m, tentukan :
a. Panjang gelombangnya
b. frekuensi gelombang tersebut

Soal 10 :
Bunyi dengan panjang gelombang 1,5 m memiliki kecepatan rambat sebesar 330 m/s. Dapatkah bunyi tersebut didengar oleh telinga manusia normal?

Soal 11 :
Gelombang bunyi dari suatu sumber memiliki cepat rambat 340 m/s. Jika frekuensi gelombang bunyi adalah 500 Hz, tentukan panjang gelombangnya!

Soal 12 :
Cahaya monokromatik melewati dua celah sempit yang sejajar. Jarak antara kedua celah adalah 0,6 mm. Jarak antara layar dengan kedua celah adalah 60 cm. Pola interferensi yang terjadi pada layar adalah berupa garis terang dan gelap yang dipisahkan oleh jarak yang sama. Jika jarak dua garis terang berdekatan adalah 0,2 mm, tentukan panjang gelombang cahaya yang digunakan.

Soal 13 :
Getaran gempa merambat dengan kecepatan 75 km/s dengan frekuensi 30 Hz. Tentukan panjang gelombang getaran gempa tersebut!

Soal 14 :
Sebuah cahaya merah datang tegak lurus pada kisi yang mempunyai 4000 garis setiap cm. bila spektrum orde ke 3 membentuk sudut 400 terhadap garis normal kisi. Tentukan panjang gelombang cahaya merah tersebut.

Soal 15 :
Sebutkan gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensinya dari terkecil hingga terbesar!

Soal 16 :
Sebuah gelombang pada permukaan air dihasilkan dari suatu getaran yang frekuensinya 30 Hz. Jika jarak antara puncak dan lembah gelombang yang berturutan adalah 50 cm, hitunglah cepat rambat gelombang tersebut!

Soal 17 :
Seutas tali yang ditegangkan dengan gaya 5 N dan salah satu ujungnya digetarkan dengan frekuensi 40 Hz terbentuk gelombang dengan panjang gelombang 50 cm. Jika panjang tali 4 m, hitunglah :
a.  cepat rambat gelombang pada tali tersebut!
b.  massa tali tersebut!

Soal 18 :
Dua puluh gelombang dihasilkan pada tali dalam waktu 5 sekon. Jika cepat rambat gelombang 20 m/s maka panjang gelombangnya adalah…

Soal 19 :
Sebuah gelombang berjalan pada sebuah tali memenuhi persamaan simpangan y = 2 Sin  π (10t – (x/25)) dimana y dan x masing-masing dalam cm dan t dalam sekon. Tentukan berapa kecepatan rambat gelombang tersebut?

Soal 20 :
Sebuah gelombang berjalan punya persamaan y = 0,02 sin π (4t- x), x dan y dalam cm dan t dalam sekon. Besar sipangan di titik yang berjarak 5 cm dari titik asalah pada saat titik asal telah bergetar selama 1 sekon adalah?

Soal 21 :
Gelombang berjalan merambat pada tali ujung tetap dilukiskan seperti pada diagram di bawah ini :


Soal 22 :
Seutas tali yang panjangnya 250 m direntangkan horizontal . salah satu ujungnya digetarkan dengan frekuensi 2 Hz dan amplitude 10 cm, sedang ujung lainnya terikat . Getaran tersebut merambat pada tali dengan kecepatan 40 cm/s. Tentukan :
a.       Amplitudo gelombang stasioner di titik yang berjarak 132,5 cm dari titik asal getaran.
b.      Simpangan gelombang pada titik tersebut setelah digetarkan selama 5 s dan 12 s.
c.       Letak simpul keenam dan perut kelima dari titik asal getaran

Soal 23 :
Gelombang stasioner ternyata terjadi bila ada 2 gelombang menjalar dalam arah yang berlawanan asal?

Soal 24 :
Sebuah pemancar radio bekerja pada gelombang 1,5 m. Jika cepat rambat gelombang radio 3.108 m/s, pada frekuensi berapakah stasion radio tersebut bekerja!

Soal 25 :
Persamaan gelombang berjalan pada seutas tali dinyatakan oleh x dan y dalam cm dan t dalam sekon. Tentukan :
a.       arah perambatan gelombang
b.      amplitude gelombang
c.       frekuensi gelombang
d.      bilangan gelomban
e.       panjang gelombang dan
f.       kecepatan rambat gelombang

Soal 26 :
Pengertian dari energy gelombang!

Soal 27 :
Tulis persamaan dari energy gelombang! (beserta keteranganya)

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE